PT SOLID GOLD BERJANGKA | Serangan Amerika & Pembalasan Iran Pt. 2

PT SOLID GOLD BERJANGKA – Kemana EUR/USD, GBP/USD, USD/JPY Bergerak Di Tahun 2020 Paska Serangan Amerika Serikat & Pembalasan Iran

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Setelah tercapainya kesepakatan perdagangan Amerika-Cina fase pertama, ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dengan Cina mereda. Di dalam kesepakatan perdagangan fase pertama, Amerika Serikat akan memangkas setengah dari penalti tarif 15 % atas $300 miliar dari impor Cina yang dikenakan pada bulan September yang lalu dan telah membatalkan pengenaan tarif yang lebih besar, yang akan berlaku mulai dari bulan ini.

Terlebih lagi dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengirimkan tweet pada hari Jumat minggu lalu bahwa dia mengadakan pembicaraan yang sangat baik dengan Presiden Cina Xi mengenai kesepakatan perdagangan raksasa. Cina telah memulai pembelian berskala besar dari produk-produk agrikultur Amerika Serikat dan lebih banyak lagi. Penandatangan formal sedang diatur. Juga pembicaraan mengenai Korea Utara, dimana Amerika Serikat bekerjasama dengan Cina dan juga mengenai Hong Kong mengalami kemajuan. Kelihatannya pada bulan-bulan pertama 2020, tidak ada sesuatu yang baru yang akan meningkatkan ketegangan perdagangan. Hubungan Amerika-Cina kemungkinan akan terus berlanjut seperti akhir tahun 2019 pada bulan-bulan awal 2020.

Namun bulan-bulan selanjutnya tergantung pada implementasi dari kesepakatan tahap pertama. Cina telah berjanji untuk membeli barang-barang Amerika Serikat dalam skala yang luas. Banyak orang percaya bahwa kesepakatan dagang fase pertama banyak “window dressing”nya dan tidak merambah ke isu structural seperti pencurian properti intelektual, subsidi negara bagian dan dukungan untuk inisiatif industri. Namun, sepanjang implementasinya berjalan dengan mulus, tidak akan ada pergerakan baru di medan perang dagang dan pasar kemungkinan akan naik yang pada gilirannya akan menaikkan dollar Amerika Serikat.

Dengan akan adanya pemilihan Presiden Amerika Serikat pada bulan November 2020, Presiden Amerika Serikat sekarang ini Donald Trump memiliki alasan yang kuat untuk menggolkan kesepakatan yang komprehensif. Kalaupun bukan kesepakatan yang komprehensif, paling sedikit akan ada gencatan senjata menjelang pemilihan. Meskipun Cina juga akan mencoba menunda kesepakatan atau gencatan senjata dengan perhitungan Donald Trump gagal melanjutkan pemerintahannya ke termin kedua.

Pertumbuhan Ekonomi Global

Bagaimana dengan pertumbuhan ekonomi global? Apakah resesi merupakan ancaman yang serius pada tahun 2020 sebagaimana yang banyak digembar-gemborkan oleh sebagian analis? Ketakutan mengenai terjadinya resesi mencapai level tertingginya pada pertengahan 2019 ketika kurva imbal hasil berbentuk “inversi” untuk pertama kalinya sejak tahun 2018. Bentuk kurva yang “inversi” ini biasanya dipandang sebagai indikator dari akan datangnya resesi oleh banyak ekonom.

Meskipun resolusi yang berkelanjutan dari pertikaian perdagangan Amerika-Cina kelihatannya tidak akan tercapai dalam waktu dekat dan dengan mudah, paling tidak, tidak akan terjadi eskalasi di dalam jangka pendek. Sementara itu dengan membaiknya lingkungan makro menjelang tahun baru 2020, termasuk kesepakatan perdagangan Amerika-Cina fase pertama, kepastian akan Brexit dan membaiknya data ekonomi, sebagai efek dari kebijakan moneter global berupa pelonggaran diseluruh dunia, pada tahun 2020, ekonomi Amerika Serikat kemungkinan akan kembali membukukan “performance” yang solid, khususnya digerakkan oleh belanja konsumen, dengan tingkat pertumbuhan bisa diatas 2.3 %. Sementara pasar tenaga kerja kemungkinan tetap ada dalam bentuk yang kuat, dan tidak ada indikasi meningkatnya resiko inflasi. Tingkat inflasi kemungkinan tetap berfluktuasi antara 1.5 % sampai 2.0 %. Dollar Amerika Serikat kemungkinan akan tetap kuat pada tahun 2020, karena pertumbuhan ekonomi yang tetap baik di Amerika Serikat.

Di Eropa, lingkungan global yang tidak mendukung, telah membebani pertumbuhan ekspor di zona Euro dan mendorong turun pertumbuhan GDP Uni Eropa pada tahun 2019 dibawah level 2018. Namun dengan membaiknya lingkungan makro termasuk makro ekonomi global, pertumbuhan ekonomi Uni Eropa kemungkinan akan sedikit membaik pada tahun 2020, menjadi 1.2 %.

Dengan dilonggarkannya kebijakan moneter diseluruh dunia, termasuk berbaliknya the Fed dan ECB dari semula bersikap “hawkish” menjadi bersikap “dovish”, pada tahun 2020 kemungkinan akan lebih stabil. Sebagai akibatnya resiko global akan terjadinya resesi pada tahun 2020 menurun. Dankske bank menurunkan resiko resesi global dari sebelumnya 30 % menjadi 25 %. Selain itu pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2020 juga diperkirakan akan meningkat. Kitco News memperkirakan pertumbuhan ekonomi global meningkat dari 3.1 % di tahun 2019 menjadi 3.3 % pada tahun 2020. IMF dan para ekonom lainnya juga memprediksi 2020 akan lebih baik daripada tahun 2019.

Pemilihan Presiden Amerika Serikat

Bangsa Amerika baru akan memilih Presiden lagi pada bulan November 2020, namun pergerakannya sudah dimulai dari sejak saat ini. Presiden Amerika Serikat Donald Trump dituduh telah mengotori rivalnya Joe Biden setahun sebelum berlangsungnya pemilihan. Tuduhan ini berlanjut kepada pemungutan suara di Kongres yang menghasilkan “impeachment” terhadap Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada akhir tahun 2019. Pengadilan “impeachment” terhadap Donald Trump di Senat akan berlangsung pada awal tahun 2020, yang diperkirakan akan mengakhiri tuduhan terhadap Donald Trump. Presiden Amerika Serikat hanya bisa dilengserkan apabila 2/3 anggota Senat memutuskan untuk memberhentikannya. Sementara partai Demokrat hanya punya 47 kursi dari 100 kursi, diperlukan tidak kurang dari 20 senator dari partai Republik untuk bergabung dengan partai Demokrat, yang mana kemungkinannya sangat kecil.

Sementara para trader akan sangat tertarik kepada drama politik Amerika Serikat, pasar kemungkinan tetap stabil. Proses “impeachment” akan berakhir pada bulan Januari/Februari. Selanjutnya fokus akan berada pada pada partai Demokat, siapa yang akan tampil untuk menantang Presiden Trump?

Partai oposisi Demokrat terbagi dua, antara “sayap tengah” yang disukai pasar, dengan “sayap kiri”. Penantang top dari sayap tengah adalah Biden dan Pete Buttigieg. Sementara penantang top dari sayap kiri adalah Elizabeth Warren dan Bernie Sanders. Pada bulan Juni pemenangnya antara sayap kiri melawan sayap tengah akan jelas dan fokus akan beralih ke polling nasional. Jika Warren atau Sanders yang dinominasikan, pasar akan memilih Donald Trump. Namun, jika Buttigieg atau Biden yang menang, para investor kemungkinan akan memilih Demokrat. Pasar cenderung memilih Presiden yang paling ramah pasar dengan tidak ada rencana untuk perang dagang yang merugikan.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Vibiznews

Baca Juga :

PT Solid Gold Berjangka | Kinerja Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka | PT Solid Gold Berjangka Bantah Lakukan Bisnis Tak Wajar

PT Solid Gold Berjangka | PT Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

PT Solid Gold Berjangka | Solid Gold Berjangka Serius Bidik Milenial

PT Solid Gold Berjangka | Kuartal 3 Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

PT Solid Gold Berjangka | Luar Biasa Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka | Transaksi Bursa Berjangka Melejit Solid Gold Catat Pertumbuhan

PT Solid Gold Berjangka | Nasabah Baru PT Solid Gold Berjangka Makassar Tumbuh

PT Solid Gold Berjangka | Kinerja Solid Gold Berjangka Catat Pertumbuhan

PT Solid Gold Berjangka | Kinerja Kuartal Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

PT Solid Gold Berjangka | Nasabah PT Solid Gold Berjangka Tumbuh Signifikan

PT Solid Gold Berjangka | Perusahaan Berjangka Solid Gold Bidik Nasabah Milenial

PT Solid Gold Berjangka | Kinerja Kuartal 3 Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

PT Solid Gold Berjangka | Kinerja PT Solid Gold Berjangka Tumbuh Dua Ribu Persen Lebih

PT Solid Gold Berjangka | Kuartal 3 Harga Emas Stabil Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

PT Solid Gold Berjangka | Solid Gold Berjangka Ingin Hilangkan Persepsi Negatif

PT Solid Gold Berjangka | Kinerja Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

PT Solid Gold Berjangka | PT Solid Gold Berjangka Bukukan Pertumbuhan Volume Transaksi

PT Solid Gold Berjangka | Perang Dagang Buat Emas Berkilau

PT Solid Gold Berjangka | Harga Emas Anjlok

PT Solid Gold Berjangka | Perdagangan Emas Paling Banyak Diminati Hari Ini

PT Solid Gold Berjangka | Komoditas Kopi dan Emas Cukup Signifikan

PT Solid Gold Berjangka | Olein Akan Meningkat di 2020


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s