Solid Berjangka | Alasan Penting Lemak Dalam Tubuh

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Lemak di tubuh terkadang membuat malu dan enggak percaya diri. Kalau bisa memilih tentu ingin menyingkirkannya segera.

Sebenarnya, lemak di tubuh itu penting. Ada penelitian yang mengungkapkan, sel-sel dalam tubuh membantu lemak melawan infeksi.

Sekelompok peneliti di US National Institutes of Health dengan Yasmine Belkaid yang melakukan penelitian ini. Mereka melakukan penelitian pada tikus dan monyet.

Kemudian menganalisis sel-sel yang tersimpan dalam lemak. Belkaid dan timnya menemukan sejenis sel kekebalan yang disebut sel T memori dari lemak tubuh tikus.

Setelah sel T memori terekspos pada patogen, mereka belajar melawan infeksi. “Setelah terkena patogen, mereka memasang respons yang lebih kuat saat mereka menemukannya lagi,” tulis laporan New Scientist.

Seharusnya lemak juga dianggap sebagai organ kekebalan tubuh.

Selain pada tikus, sel T memori ini juga tersimpan dalam lemak tubuh monyet. Ini menunjukkan sel T memori yang hadir dalam lemak kita berfungsi penting, yang sebelumnya tidak kita ketahui.

“Artinya jaringan lemak bukan hanya reservoir untuk sel memori, tapi sel memori tersebut memiliki fungsi yang disempurnakan,” kata Belkaid.

Menurut Anthony Ferrante, seorang profesor kedokteran di Columbia University, kelenjar getah bening dan timus dianggap sebagai organ kekebalan tubuh, seharusnya lemak juga dianggap sebagai organ kekebalan tubuh.

Memiliki beberapa lemak tubuh memang bermanfaat, tapi kelebihan lemak yang menyebabkan obesitas masih dianggap tidak sehat – SOLID BERJANGKA

Baca Juga :
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s