Saran Diet Bagi Anda Yang Ingin Punya Badan Ideal

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Memiliki tubuh ramping dengan berat badan ideal merupakan dambaan semua orang.

Meski begitu, pakar mengingatkan untuk mendapatkan badan ramping, caranya bukan dengan tidak makan atau melewatkan jam makan.

Chalene Johnson, pakar diet dan fitnes dari Amerika Serikat, mengatakan melewatkan makan hanya akan menambah hormon kortisol, yakni hormon yang menyebabkan stres pada tubuh.

Celakanya, hormon ini juga membuat tubuh menyimpan lemak di daerah perut dan paha. “Setiap 3 jam yang dilalui tanpa makanan, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang membuat lemak menumpuk di perut.

Maka dari itu, makan setiap 3 jam, dengan jumlah yang sedikit lebih baik daripada makan hanya dua atau satu kali dalam jumlah banyak untuk satu hari,” tutur Johnson.

Dengan memakan makanan setiap 3 jam dalam jumlah sedikit, Johnson menyebut jumlah hormon kortisol dalam tubuh bisa berkurang. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine.

Dalam penelitian disebutkan orang yang makan 6 kali dalam sehari selama 2 minggu memiliki kadar kortisol 17 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang makan 3 kali sehari, meskipun jumlah kalori yang dikonsumsi tidak berbeda.

Artinya, makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil memang terbukti lebih bermanfaat. “Makan dalam jumlah kecil tapi sering juga membuat anda kurang bergairah ketika melihat seember popcorn atau kentang goreng ekstra besar karena hasrat makan anda tidak muncul akibat terbatasnya jumlah kortisol.”

Meski begitu, kandungan gizi dan nutrisi yang dimakan harus seimbang. Tidak ada gunanya anda makan sedikit meski sering, tapi yang dikonsumsinya adalah snack – snack tidak sehat.

“Biasanya orang yang banyak ngemil (‘grazing’)-lah yang sulit mengontrol berat badan tubuh. Karena sering mengemil sehingga tidak ada regulasi lapar atau kenyang yang jelas,” ungkapnya.

Mengubah pola makan menjadi lebih teratur akan membantu anda melakukan diet. Panduannya tetap makan 6 kali dalam sehari namun dengan komposisi gizi yang jelas. Berikut penjabarannya :

  • Jadwal makan yang jelas, 6 kali sehari. Sarapan-morning tea-lunch-afternoon snack-dinner-supper. Semuanya diseling antara 2-4 jam (tergantung slot waktu Anda). 3 Makan besar, 3 makan snack.
  • Snack di sini adalah buah segar, produk susu rendah lemak, sandwich dengan isi sayur.
  • Sering – seringlah minum air putih. Selalu sediakan air di meja atau mobil.
  • Sebaiknya ditambah olahraga ringan seperti low impact exercise atau yoga – SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : health.detik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s